Minggu, 29 Januari 2017

Unknown

Rumus Prisma Segitiga dan Contoh Soalnya

Rumus Prisma Segitiga dan contoh soal - Pengertian prisma adalah bangun matematika yang memiliki kombinasi sisi berbeda pada beberapa bagian. Pada sisi tegak, bangun ini memiliki sisi persegi panjang dengan ukuran yang sama. Namun, pada bagian permukaan atas dan bawah terdapat sisi segitiga yang juga memiliki ukuran sama. Bangun ini juga memiliki beberapa elemen sisi penting yang menjadikan seluruh bagian terlihat lebih baik. Beberapa bagian penting dari bangun matematika ini seperti sisi persegi panjang, sisi segi tiga, dan rusuk atau sering disebut juga dengan tinggi. Beberapa bagian dari bangun yang sejajar pada prisma disebut dengan alas bawah dan atas. Ada banyak jenis prisma yang bisa dikenali seperti prisma segitiga, prisma segi empat, prisma segi enam, dan lainnya. Masing-masing dari jenis prisma ini juga memiliki perhitungan yang berbeda. Awas jangan sampai tertukar dengan Limas segitiga karena bentuk dan karakteristiknya berbeda.



Bangun ruang ini juga memiliki titik sudut yang disesuaikan dengan jenisnya. Masing-masing sudut biasanya didapat dengan dua kali dari jenis prisma. Bagian dari bangun ini juga melibatkan alas dan tutup yang berbentuk segi tiga dan tinggi yang melibatkan persegi panjang. Penjelasan tentang bagian penting dari prisma ini seperti:

  1. Bangun matematika ini memiliki beberapa sisi dengan jenis berbeda. Pada alas dan tutup akan berbentuk segitiga dan pada sisi tinggi memiliki bentuk persegi panjang.
  2. Ukuran dari masing-masing jenis sisi ini juga sama dan pada bagian persegi panjang juga digunakan sebagai perhitungan tinggi.
  3. Jumlah titik sudut yang diberikan pada prisma ini akan disesuaikan dengan jenis seluruh bagian bangun ruang.

Elemen bagian dari bangun prisma ini juga bisa dilihat dari gambar yang memiliki banyak rincian. Pada gambar prisma kita akan mendapatkan;

1. Titik sudut prisma
2. Bidang atas prisma
3. Bidang alas prisma
4. Sisi-sisi tegak prisma
5. Rusuk-rusuk sisi atas prisma
6. Rusuk-rusuk sisi alas prisma
7. Rusuk-rusuk tegak prima
8. Rusuk tegak yang memiliki ukuran sama dengan tinggi prisma

Rumus Volume, Luas, dan Keliling Prisma

Sebagai bagian dari bangun matematika berbentuk 3D, prisma juga memiliki perhitungan rumus yang digunakan untuk mencari volume dan luas. Namun, bangun ini tidak memiliki perhitungan untuk mencari keliling dari seluruh bagian. Untuk menentukan rumus ini akan melibatkan luas alas dan tinggi. Apalagi masing-masing dari bagian bangun ruang ini memiliki jenis sisi yang berbeda.

Untuk mencari luas dari prisma, kita akan menggunakan luas alas, keliling dari alas dan tinggi dari bangun ini. Sehingga kita akan mendapatkan rumus luas prisma adalah

L = 2.Luas Alas + Keliling Alas.t

Untuk mencari volume dari prisma, kita akan melibatkan luas dari alas dan tinggi. Sehingga rumus untuk mencari volume dari prisma adalah

V = Luas alas . tinggi

Contoh Soal Rumus Prisma

Sebaiknya kita mencoba langsung untuk menggunakan rumus dari prisma ini untuk mencari luas dan volume. Beberapa contoh soal yang bisa digunakan seperti:

1. Sebuah bangun ruang berbentuk prisma segitiga memiliki volume 400 cm3 dan luas pada bagian alas 50 cm². Hitunglah tinggi dari bangun matematika ini dengan menggunakan rumus yang telah ditentukan.

Jawaban:
Untuk mencari tinggi dari bangun ruang ini kita akan menggunakan rumus volume dengan
V = Luas alas x tinggi, menjadi
400 = 50 x tinggi
Tinggi = 400/50
Tinggi = 8
Jadi tinggi dari bangun prisma ini adalah 8 cm.

Unknown

About Unknown

Blog tempat berbagai rumus Matematika dasar SD, SMP dan SMA. Kuismatematika.info juga menulis banyak artikel trik matematika cepat.

Subscribe to this Blog via Email :