Minggu, 29 Januari 2017

Unknown

Rumus Lingkaran dalam Geometri dan Contoh Soal

Rumus lingkaran dan contoh soal - Lingkaran adalah salah satu dari bangun datar 2D yang memiliki titik tak terhingga. Lingkaran adalah bangun datar yang tidak memiliki sisi dan berbeda dibandingkan dengan bangun datar lainnya. Namun, bangun datar ini juga memiliki rumus untuk menghitung luas dan keliling. Pada lingkaran terdapat beberapa bagian yang merupakan elemen penting pembentuk dari bangun datar ini. bagian penting yang berasal dari lingkaran ini terdiri dari Titik Pusat, Jari-jari, Busur, Keliling lingkaran, Diameter dan lainnya. Dalam bentuk geometri, lingkaran juga bisa disebut dengan bangun datar yang memiliki banyak titik dan bidang dengan jarak tertentu.



Penjelasan penting dari bagian lingkaran terdiri dari:

  1. Lingkaran memiliki titik pusat (P). Titik ini merupakan bagian tengah dari lingkaran. Jarak antara titik pusat dengan bagian titik lainnya tetap sama. Titik ini juga mempengaruhi bentuk lingkaran secara menyeluruh.
  2. Jari-jari lingkaran (r). Jari-jari adalah garis lurus yang menghubungkan antara titik pusat dengan bagian terluar dari lingkaran. Jari-jari ini juga sering disebut sebagai potongan busur yang memiliki ukuran sama. Sehingga bila digabungkan seluruh bagin dari potongan ini akan membentuk lingkaran.
  3. Busur (b). Ini adalah bagian lengkung yang bisa dalam kondisi terbuka dan tertutup dan berhimpit pada bagian lingkaran.
  4. Keliling lingkaran (k). Ini adalah bagian dari titik terpanjang dalam lingkaran.
  5. Diameter (d). Ini adalah bagian dari lingkaran yang merupakan tali busur terbesar. Bagian ini memiliki ukuran yang cukup panjang dengan perhitungan 2 kali jari-jari.

Pada lingkaran terdapat rumus yang digunakan untuk menghitung luas dan keliling. Masing-masing dari rumus ini juga melibatkan elemen pembentuk lingkaran itu. Kita bisa menghitung luas lingkaran dengan menggunakan potongan sebagai bagian dari elemen yang bisa disusun ulang dan memiliki ukuran yang sama.

Rumus Luas dan Keliling Lingkaran

Perhitungan rumus luas dan keliling dari lingkaran akan menggunakan beberapa elemen penting dengan detail yang berbeda. Selain itu, perhitungan ini juga disesuaikan dengan bagian gambar lingkaran dengan potongan elemen. Untuk menghitung luas dan keliling bagian lingkaran ini kita akan menggunakan phi sebagai acuan dasar.

Rumus yang digunakan untuk menghitung luas pada lingkaran akan melibatkan jari-jari lingkaran dan phi. Perhitungan phi adalah 3,14 atau bisa juga menggunakan 22/7. Sehingga rumus luas lingkaran yang bisa digunakan adalah
Luas = π x r².

Untuk menghitung keliling lingkaran akan melibatkan phi dan diameter. Ukuran diameter sama dengan 2 kali dari jari-jari. Sehingga rumus yang digunakan untuk mencari keliling lingkaran adalah
Keliling = π x d

Contoh Soal Rumus Lingkaran

Untuk menggunakan rumus dari lingkaran akan dicoba untuk menyelesaikan soal berikut ini:

Soal Luas Lingkaran
1. Sebuah bangun datar lingkaran memiliki jari-jari 10 centimeter. Hitunglah luas keliling lingkaran itu dengan menggunakan rumus yang telah ditentukan.

Jawaban:
Diketahui jari-jari (r) = 10 cm dan π = 22/7
Maka: Luas lingkaran adalah = 2 x π x r = 2 x 22/7 x 10 = 62,8 cm²
Jadi, luas dari lingkaran itu adalah 62,8 cm²

Soal 2 Keliling Lingkaran
2. Sebuah lingkaran memiliki diameter 30 centimer. Hitung keliling dari lingkaran ini dengan menggunakan rumus yang telah ditentukan.

Jawaban:
Diketahui diamter (d) = 30 cm dan π = 22/7
Maka: Keliling lingkaran adalah π x d = 3,14 x 30 = 94,2 cm
Jadi, keliling lingkaran itu adalah 94,2 cm

Unknown

About Unknown

Blog tempat berbagai rumus Matematika dasar SD, SMP dan SMA. Kuismatematika.info juga menulis banyak artikel trik matematika cepat.

Subscribe to this Blog via Email :