Jumat, 16 Desember 2016

Unknown

Rumus Limas Segi Empat dan Pembahasan Contoh Soal

Limas segi empat merupakan salah satu bangun ruang matematika yang melibatkan beberapa sisi berbentuk persegi dan segitiga. Bangun matematika ini memiliki bentuk fisik tiga dimensi atau 3D dengan beberapa jumlah rusuk, titik sudut hingga sisi berbeda bentuk. Limas segi empat juga hampir sama seperti bangun matematika yang memiliki perhitungan melalui rumus tertentu. Bangun matematika ini memiliki ciri yang berbeda dibandingkan dengan lainnya. Ciri-ciri fisik ini disesuaikan terhadap tampilan dari beberapa bagian. Seluruh sisi segitiga yang terdapat pada bagian limas ini memiliki ukuran yang sama. Baca juga Rumus bola dan contoh soalnya.


Untuk mendapatkan ciri-ciri dari bangun matematika ini, perhatikan juga gambar limas segi empat yang menggambarkan penempatan dari rusuk dan titik sudut. Beberapa ciri dari limas segi empat yang harus diketahui seperti:
1.       Alas dari bangun matematika ini memiliki bentuk persegi dengan ukuran yang disesuaikan.
2.       Bangun matematikan ini juga memiliki lima bidang sisi yang terdiri dari 4 bidang sisi berbentuk segitiga dan 1 bidang sisi berbentuk persegi.
3.       Hal penting yang harus diketahui adalah bangun matematika ini memiliki titik sudut yang bisa dilihat lebih jelas melalui gambar.
4.       Sama seperti bangun matematika lainnya, limas segi empat juga memiliki rusuk yang berjumlah delapan buah.
5.       Ukuran dari sisi segitiga yang tergabung dalam limas ini memiliki perhitungan yang sama.

Rumus Limas Segi Empat dan Pembahasan Contoh Soal


Rumus volume, luas dan keliling limas segi empat

Tentu saja bangun matematika ini memiliki perhitungan yang melibatkan beberapa rumus. Limas segi empat ini memiliki detail yang terdiri dari rumus untuk mencari volume dan rumus untuk menghitung luas. Namun, limas segi empat ini tidak memiliki rumus untuk mencari keliling.

Untuk mencari rumus volume dari limas segi empat ini ditentukan dengan melibatkan luas alas dan tinggi dari bangun matematika. Rumus volume limas segi empat ini adalah 1/3 x luas alas x tinggi. Namun, untuk memudahkan perhitungan, rumus ini juga memiliki turunan. Rumus volume turunan dari limas segi empat adalah 1/3 x panjang x lebar x tinggi. Perhitungan ini akan lebih memudahkan untuk mendapatkan hasil yang dicari.

Untuk mencari rumus luas dari limas segi empat ini akan melibatkan luas alas dari persegi dan luas alas yang dimiliki segitiga itu. Untuk mencari luas alas dari bangun matematika ini menggunakan rumus sisi x sisi. Sedangkan untuk mencari luas sisi dari bagian segitiga menggunakan 4 x (1/2 x alas x tinggi). Dari turunan ini, maka rumus luas dari limas segi empat adalah Luas Alas + (4 x luas sisi tegak segitiga).

Rumus volume dan luas dari limas segi empat ini bisa digunakan pada beberapa soal yang diketahui ukuran sisi persegi dan bagian sisi tegak segitiga.

Contoh Soal Rumus Limas segi empat

Untuk memudahkan pemahaman tentang rumus yang diterapkan pada limas segi empat, coba gunakan pada soal dengan rincian keterangan yang diberikan. Contoh soal untuk mencari volume limas segi empat seperti ini:

Sebuah bangun matematika yang berbentuk limas dengan rincian alas persegi memiliki ukuran sisi 15 centimeter. Tinggi dari sisi bangun matematika ini adalah 30 centimeter. Hitunglah volume limas segi empat dengan menggunakan rumus yang telah ditentukan.

Jawaban:
Pada soal ini telah diketahui beberapa rincian yang terdiri dari:
Sisi alas = 15 centimeter
Tinggi sisi dari limas = 30 centimeter

Sehingga rumus yang digunakan adalah 1/3 x luas alas x tinggi = 1/3 x 15 x 15 x 30 = 2250 cm3
Jadi, volume dari limas segi empat ini adalah 2250 cm3.

Unknown

About Unknown

Blog tempat berbagai rumus Matematika dasar SD, SMP dan SMA. Kuismatematika.info juga menulis banyak artikel trik matematika cepat.

Subscribe to this Blog via Email :