Jumat, 16 Desember 2016

Unknown

Penjelasan Rumus Kerucut dan Contoh Soalnya

Penjelasan tentang rumus kerucut dan contoh soal - Pada pelajaran matematika SD terdapat penjelasan tentang rumus kerucut. Namun, kita akan mengenal terlebih dahulu tentang kerucut dalam matematika. Kerucut adalah bangun limas yang memiliki alas berbentuk lingkaran. Kerucut memiliki sisi tegak yang melengkung karena dipengaruhi terhadap alas lingkaran. Terdapat perhitungan dari bangun matematika ini yang dipengaruhi terhadap luas alas, luas permukaan hingga volume. Mungkin anda tertarik membaca penjelasan rumus Bola.

Penjelasan Rumus Kerucut dan Contoh Soalnya
http://www.basic-mathematics.com/

Luas alas pada kerucut juga sering digunakan untuk menghitung luas permukaan pada bangun ruang sepertiini. Sehingga, saat mencari volume dan luas permukaan bangun matematika ini, terlebih dahulu harus mencari luas lingkaran. Bangun matematika ini juga memiliki bentuk geometri yang bisa kita temui dimana saja. Kerucut juga memiliki perhitungan volume yang dilakukan untuk mendapatkan nilai atau jumlah banyak dari benca cair, padat hingga gas yang bisa dimasukkan ke bagian dalam.

Ciri-ciri kerucut yang bisa kita dapatkan adalah:

1. Kerucut memiliki dua sisi yang terdiri dari bidang lengkung yang juga sering disebut sebagai selimut kerucut. Sisi lainnya adalah alas kerucut yang berbentuk lingkaran.
2. Kerucut memiliki satu rusuk tegak lurus yang diambil dari titik pusat lingkaran hingga ujung dari bidang lengkung.

Rumus Volume, Luas dan Keliling Kerucut

Untuk menghitung rumus volum kerucut kita akan menggunakan rumus volume pada limas. Sehingga pada penggunaan rumus ini akan dibutuhkan luas permukaan dan tinggi dari bangun kerucut itu. Rincian dari penjelasan rumus ini adalah:
Volume kerucut = 1/3 x luas alas x tinggi.

Untuk memulai dari pencarian volume kerucut, kita harus menghitung luas alas dengan menggunakan luas lingkaran yaitu π x r2. Pada bagian rumus ini, r adalah jari-jari dari lingkaran pada permukaan kerucut dan π adalah konstanta dengan nilai 3,14 atau sering digunakan 22/7. Pada pemaparan ini, kita akan mendapatkan rumus volume kerucut adalah:
Volume Kerucut (v)= 1/3 x π x r² x t

Pada bangun matematikan ini, kita juga bisa menghitung luas permukaan. Perhitungan dari luas permukaan untuk kerucut dilakukan dengan menambahkan luas alas dari kerucut dengan luas dari sisi lengkung atau selimut kerucut. Perhitungan dimulai dengan mencari luas permukaan kerucut dengan L = π x r² ditambah dengan luas sisi lengkung kerucut yaitu L = π x r x s. Sehingga rumus dari luas permukaan kerucut adalah:
L = (π x r2) + (π x r x s)

Kerucut juga sama seperti bola karena tidak memiliki perhitungan keliling. Hal ini terjadi karena kerucut memiliki sisi lengkung yang dengan satu sisi saja. Sehingga rumus dari kerucut hanya terdiri dari perhitungan volume dan luas permukaan.

Baca juga Rumus Balok dan Contoh Soalnya.

Contoh Soal Rumus Kerucut

Kita bisa langsung menerapkan rumus kerucut melalui beberapa soal. Salah satu soal yang bisa kita gunakan seperti,
Contoh soal: “Sebuah topi ulang tahun berbentuk kerucut memiliki jari-jari 8 centimeter dan tingginya adalah 16 centimeter. Hitunglah volume dari topi ulang tahun itu dengan menggunakan rumus yang telah ditetapkan.”

Jawaban:
Untuk menghitung volume kerucut kita akan menggunakan (v)= 1/3 x π x r² x t
Data yang diperoleh adalah jari-jari (r) = 8 centimeter, tinggi (t) = 16 centimeter. Sehingga saat diberlakukan rumus menjadi:
V = 1/3 x 3,14 x 8² x 16
V = 1/3 x 200.96 x 16
V = 1/3 x 3215.16
V = 353,66 cm³

Maka, volume dari topi ulang tahun itu adalah 353,66 cm³.

Unknown

About Unknown

Blog tempat berbagai rumus Matematika dasar SD, SMP dan SMA. Kuismatematika.info juga menulis banyak artikel trik matematika cepat.

Subscribe to this Blog via Email :