Senin, 19 Desember 2016

Unknown

Cara Menghitung Rumus Balok dan Contoh Soalnya

Penjelasan rumus balok dan contoh soal - Macam-macam bangun ruang terdiri dari kubus, balok, prisma segitiga, limas, tabung, kerucut, dan bola. Masing-masing dari bangun ruang ini memiliki perhitungan sendiri. Salah satu bangun ruang yang akan dibahas adalah balok. Bangun ruang ini memiliki bentuk persegi panjang. Namun, pada kedua ujung dari bangun ruang ini berbentuk persegi. Balok sendiri memiliki beberapa sisi yang berukuran sama. Jumlah sisi yang dimiliki balok terdiri dari 2 sisi bagian depan dan belakang, 2 sisi pada bagian atas dan bawah, dan 2 sisi pada ujung kiri dan kanan yang berbentuk persegi. Untuk memudahkan pemahaman tentang sisi dari balok ini, anda bisa memperhatikan gambar bangun ruang ini yang terdiri dari beberapa titik.

Gambar balok


Pada gambar balok yang biasanya diberikan terdiri dari beberapa titik seperti A, B, C, D, E, F, G, H. Untuk memudahkan pemahaman dari titik ini, gambar dari balok ini akan memiliki bayangan berupa garis putus-putus untuk memudahkan bagian dari depan dan bagian sisis. Seluruh titik yang mewakili bagian dari balok ini akan membentuk sisi yang memiliki perhitungan dan ukuran sama. Balok ini memiliki 4 sisi persegi panjang dan 2 sisi persegi.

Bagian sisi dari balok ini terdiri dari:
1. Permukaan depan. Permukaan depan seperti ini biasanya digambarkan dengan titik A, B, C, dan D.
2. Permukaan belakang. Pada bagian permukaan ini akan digambarkan melalui titik E, F, G, dan H.
3. Permukaan bagian atas. Untuk sisi ini akan diwakili pada titik A, E, H, dan D.
4. Permukaan bagian bawah. Bagian sisi ini akan diberikan melalui titik B, F, G dan C.
5. Permukaan pada bagian ujung kiri gambar. Untuk sisi persegi pada bagian kiri akan diberikan melalui A, B, F, dan E.
6. Permukaan pada bagian ujung kanan gambar. Titik pada sisi ini digambarkan melalui D, C, G, dan H.

Lihat juga : Penjelasan Rumus Kubus

Rumus Volume, Luas dan Keliling Balok

Rumus balok berdasarkan perhitungan matematika terdiri dari perhitungan untuk volume, luas dan mencari dari keliling dari balok. Perhitungan ini melibatkan seluruh bagian sisi dan rusuk penyangga yang merupakan bagian dari tinggi balok. Rumus volume, luas dan keliling balok yang didapat dari bangun ruang ini meliputi:

1. Rumus volume balok
Untuk mencari volume balok akan melibatkan ketiga sisi balok. Rumus ini melibatkan panjang (p), lebar (l), dan tinggi (t). Sehingga rumus yang diterapkan untuk mencari volume dari balok ini adalah V = p.l.t

2. Rumus Luas balok
Untuk mencari perhitungan dari luas balok dengan melakukan penjumlahan dari seluruh sisi permukaan. Luas ini akan melibatkan 2 sisi dari panjang (p), lebar (l), dan tinggi (t). Sehingga rumus luas balok adalah L = 2 ( p.l + p.t + l.t )

3. Rumus keliling balok
Untuk mencari keliling balok akan melibatkan jumlah seluruh rusuk dari bangun ruang ini. Balok ini memiliki jumlah 4 rusuk. Sehingga rumus dari keliling balok adalah K =  4 (p+l+t)

Contoh Soal Rumus Balok

Rumus dari bangun ini akan diaplikasikan melalui contoh soal rumus balok.

Contoh soal yang digunakan:
Sebuah balok memiliki rincian ukuran yang terdiri dari panjang 600 cm, lebar 6 cm dan tinggi 10 centimeter. Hitunglah luas balok dengan menggunakan rumus yang telah ditetapkan.

Jawaban:
Rumus luas balok adalah L = 2 ( p.l + p.t + l.t ). Sehingga,
L = 2 (600.6 + 600.10 + 6.10)
L = 2 (3600 + 6000 + 60)
L = 2 (9660)
L = 19.320 cm²

Unknown

About Unknown

Blog tempat berbagai rumus Matematika dasar SD, SMP dan SMA. Kuismatematika.info juga menulis banyak artikel trik matematika cepat.

Subscribe to this Blog via Email :