Rabu, 21 Desember 2016

Unknown

Rumus Limas segi lima dan contoh soal

Limas segi lima adalah salah satu dari macam-macam Geometri yang memiliki ragam sisi. Limas sendiri merupakan bangun ruang yang dibatasi oleh beberapa sisi segi dan berbagai segitiga yang memiliki titik puncak yang sama. Masing-masing dari sisi yang berada di bagian limas ini berbentuk segitiga dengan tinggi yang sama. Selain itu, alas dari limas ini berbentuk bangun datar segi lima dengan ukuran yang juga disesuaikan melalui titik pada sisi segitiga. Sama seperti bangun ruang lainnya, limas segi lima memiliki beberapa unsur penting. Unsur dari bangun ruang ini terdiri dari titik sudut, rusuk yang juga merupakan tinggi dan bidang sisi berbentuk segitiga. Masing-masing dari unsur ini memiliki keterkaitan satu dengan lainnya.

Gambar Limas segi lima


Limas segi lima sangat berbeda dibandingkan dengan bangun ruang limas lainnya. Hal ini dikarenakan bentuk dari alas juga berbeda. Pada bangun ruang ini terdiri dari bangun datar berbentuk segi lima dengan ukuran yang sama. Sehingga pada titik dari bagian bangun ruang ini akan tersambung di bagian titik puncak yang juga menjadi tinggi dari bangun ruang.

Untuk mendapatkan definisi yang lebih rinci lagi, perhatikan juga gambar limas segi lima yang telah disediakan. Gambar ini memberikan rujukan penting dan deskripsi tentang ciri-ciri dari limas segi lima.

Beberapa ciri limas segi lima yang harus anda ketahui seperti:
1. Bidang atas merupakan sebuah titik yang berbentuk lancip dan menggabungkan banyak sisi.
2. Pada bagian bawah ini terdapat bangun datar yang memiliki bentuk segi lima.
3. Bidang tegak pada bangun ruang ini berbentuk segitiga yang memiliki ukuran sama.
4. Bangun ruang ini memiliki 6 titik sudut, 6 bidang sisi, 5 sisi tegak, dan 5 rusuk alas. Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci perhatikan gambar limas segi lima.

Rumus Volume, Luas dan Keliling Lima segi lima

Rumus yang dimiliki bangun ruang ini terdiri dari rumus untuk mencari volume dan luas permukaan. Untuk mencari luas permukaan akan melibatkan sisi tegak dan alas yang berbentuk bangun datar. Sehingga rumus luas permukaan dari limas segi lima ini adalah
Jumlah luas sisi tegak + luas alas

Untuk mencari volume dari limas segi lima telah ditentukan rumus yang melibatkan kubus yang telah dibelah menjadi enam bagian berbentuk limas yang kongruen. Sehingga rumus volume limas segi lima adalah
V = 1/3 x luas alas x tinggi

Limas segi lima tidak memiliki rumus yang menghitung keliling bangun ruang. Sehingga kita hanya bisa menggunakan kedua rumus ini untuk menghitung bagian dari luas permukaan dan volume dari bangun ruang ini.

Contoh Soal Rumus limas segi lima

Untuk menggunakan rumus dari limas segi lima, kita akan mencoba untuk menyelesaikan contoh soal.

Contoh:
Sebuah limas segi lima memiliki tinggi 60 centimeter dan luas alas dengan 200 centimeter kubik. Hitunglah volume dari limas dengan menggunakan rumus yang telah ditentukan.

Jawaban:
Diketahui tinggi bangun ruang limas ini adalah 60 cm dan luas alas 200 centimeter kubik. Kita aka menggunakan rumus volume dari limas segi lima. Sehingga menjadi:
V = 1/3 x luas alas x tinggi = 1/3 x 200 x 60 = 4000 cm³.
Jadi volume dari bangun ruang limas segi lima ini adalah 4000 cm³.

Nantikan update pendidikan matematika selanjutnya hanya di kuismatematika.info.

Unknown

About Unknown

Blog tempat berbagai rumus Matematika dasar SD, SMP dan SMA. Kuismatematika.info juga menulis banyak artikel trik matematika cepat.

Subscribe to this Blog via Email :