Senin, 16 Januari 2017

Unknown

Rumus Limas Segi Tiga dan Contoh Soalnya

Rumus limas segi tiga dan contoh soal - Limas segi tiga merupakan bagian dari ruang lingkup geometri yang memiliki beberapa sisi. Beberapa bagian dari sisi segi tiga pada limas ini memiliki ukuran yang sama dan melibatkan ukuran rusuk. Selain itu, pada alas limas ini juga memiliki bentuk segitiga. Bangun ruang ini sebenarnya hampir sama dengan bentuk pada limas lainnya. Namun, sisi yang membentuk segitiga dan ukuran pada luas permukaan memberikan perbedaan yang bisa anda lihat. Apalagi bangun ruang seperti ini memiliki ciri-ciri yang bisa dilihat melalui gambar limas segi tiga seperti ini.

Gambar Limas Segi tiga


Ciri-ciri dari limas segi tiga yang harus anda ketahui terdiri dari:

1. Bangun ruang ini memiliki alas yang berbentuk segitiga dengan ukuran tertentu. Alas pada bangun ruang ini juga tersambung dengan baik melalui bagian dari tepi sisi lainnya.
2. Limas segi tiga ini memiliki 4 bidang sisi yang terdiri dari alas dari bangun ruang, dan tiga sisi yang berdiri tegak.
3. Pada bangun ruang ini terdapat 6 buah rusuk yang saling terintegrasi satu dengan lainnya. Masing-masing rusuk ini juga memiliki ukuran yang sama.
4. Melalui gambar pada limas segi tiga ini, anda bisa melihat bahwa bangun ruang ini memiliki 4 titik sudut yang saling berkaitan.

Rumus Volume, Luas dan Keliling Limas segi tiga

Sama seperti bangun ruang lainnya, limas segi tiga memiliki rumus yang menghitung volume dan luas. Namun, bangun ruang ini tidak memiliki rumus yang menghitung keliling dari seluruh bagian. Rumus luas pada bangun ruang ini juga terdiri dari dua bagian yaitu rumus untuk mencari luas alas dan rumus untuk mencari luas permukaan.

Rumus volume pada limas segi tiga ini mencakup ukuran panjang, lebar dan tinggi. Sehingga kita akan mendapatkan rumus volume dengan
V = 1/3 x (1/2 x Panjang x Lebar ) x Tinggi

Untuk mencari luas alas pada limas segi tiga dibutuhkan perhitungan alas dan tinggi. Sehingga kita akan mendapatkan rumus alas limas segi tiga dengan
Luas Alas = 1/2 x a x t

Untuk menghitung luas permukaan pada bangun ruang ini akan melibatkan luas alas dan seluruh luas sisi tegak yang dimiliki. Sehingga rumus yang didapat adalah:
Luas permukaan = Luas alas + Jumlah luas seluruh sisi tegak


Seluruh bagian rumus ini bisa digunakan untuk mencari berbagai elemen yang berkaitan dengan limas segi tiga. Masing-masing dari bagian elemen rumus ini juga memiliki perhitungan seperti luas alas dan jumlah seluruh bagian dari sisi tegak bangun ruang.

Baca juga: Penjelasan rumus segi lima

Contoh Soal Rumus Lima segi tiga

Untuk menggunakan rumus limas segi tiga ini, mari kita coba untuk menghitung melalui contoh soal berikut:

Soal
Sebuah bangun ruang berbentuk limas segi tiga memiliki panjang 6 cm dan lebar 4 centimeter. Bila bangun ruang itu memiliki tinggi 10 centimeter, maka hitunglah volumenya berdasarkan rumus yang telah ditentukan.

Jawaban:
Diketahui panjang 6 cm, lebar 4 cm dan tinggi 10 cm
Maka dengan rumus yang digunakan akan menjadi:

V = 1/3 x (1/2 x Panjang x Lebar ) x Tinggi
V = 1/3 x (1/2 x 6 x 4 ) x 10
V = 1/3 x (12) x 10
V = 1/3 x 100
V = 40 cm³

Jadi volume dari bangun ruang ini adalah 40 cm³.

Unknown

About Unknown

Blog tempat berbagai rumus Matematika dasar SD, SMP dan SMA. Kuismatematika.info juga menulis banyak artikel trik matematika cepat.

Subscribe to this Blog via Email :