Selasa, 06 Desember 2016

Unknown

Penjelasan dan contoh soal tentang Rumus Kubus

Pengertian bangun ruang yaitu bangun dari matematika yang memiliki isi atau sering disebut dengan volume. Beberapa jenis bangun ruang yang dikenal oleh banyak orang seperti kubus, bola, tabung, dan lainnya. Masing-masing dari jenis bangun ruang ini memiliki sifat dan rumus yang harus kamu ketahui. Salah satu yang akan kita bahas adalah tentang bangun ruang Kubus.



Kubus yang merupakan bagian bangun ruang dengan penampilan tiga dimensi. Bangun ruang pada kubus ini dibatasi oleh 6 sisi yang memiliki ukuran sama berbentuk bujur sangkar. Banyak juga pengertian lain yang mengungkapkan bahwa kubus sebagai segi enam beraturan. Sebagai bangun ruang dari matematika, kubus juga memiliki beberapa sifat yang harus kamu ketahui. Beberapa sifat fisik dari bangun ruang ini adalah:

  • Kubus memiliki enam sisi yang memiliki bentuk persegi. Masing-masing sisi ini berukuran sama luas.
  • Kubus juga memiliki dua belas rusuk atau gari tepi sisi dengan ukuran yang sama panjang.
  • Kubus memiliki delapan titik sudut yang menjadi penyati pada seluruh rusuk.
  • Kubus memiliki empat diagonal ruang yang menghubungkan satu titik dengan lainnya.
  • Kubus memiliki dua belas bidang diagonal yang terintegrasi satu dengan lainnya.

Seluruh bagian dari sifat fisik ini bisa diterapkan pada gambar kubus dengan ukuran yang cukup besar. Sebaiknya gambar ini memiliki sisi yang berbeda warna dan masing-masing titik sudut memiliki penomoran melalui huruf.

Rumus Volum, Luas dan Keliling Kubus

Kubus yang menjadi bagian penting dari bangun ruang di matematika memiliki beberapa rumus yang harus kamu ketahui. Beberapa rumus penting ini terdiri dari rumus Volum, Luas dan Keliling.

Volume Kubus
Untuk mengetahui rumus volum akan melibatkan sisi panjang, tinggi dan lebar dari bagian kubus. Inti dari volume ini adalah untuk mendapatkan perhitungan isi dari sebuah kubus. Perhitungan volume ini akan melibatkan seluruh sisi yang memiliki ukuran sama. Sehingga menjadi:

Volume Kubus = S x S x S = S³

Luas Kubus
Luas kubus merupakan perhitungan jumlah dari luas bagian permukaan kubus. Bangun ruang ini memiliki 6 sisi dengan ukuran yang sama. Perhitungan luas ini akan diterapkan menjadi:

Luas Kubus = S x S = S³

Keliling Kubus
Untuk mencari perhitungan ukuran keliling kubus akan melibatkan seluruh jumlah rusuk yang terdapat pada kubus. Perhitungan ini akan menjadi:

Keliling Kubus = 12 x S

Contoh Soal Rumus Kubus

Untuk memberikan pemahaman yang lebih rinci, berikut ini ada beberapa contoh soal yang akan melibatkan bagian rumus pada kubus. Akan ada beberapa pilihan soal yang cukup mudah dengan perhitungan melalui rumus kubus.

Contoh soal kubus seperti:

Terdapat sebuah kubus yang memiliki volume  dengan 64cm3 (centimeter kubik). Hitunglah luas dan keliling kubus itu sesuai dengan rumus yang telah ditetapkan.

Jawaban:
Pada soal itu telah ditentukan ukuran volume dari kubus yaitu 64cm3. Sekarang kamu harus mencari ukuran sisi dari kubus itu.

Volume kubus = S x S x S = 64 cm³

Ukuran sisi kubus adalah ∛64 atau akar dari 64. Hasilnya adalah 4.
Jadi, ukuran sisi kubus ini adalah 4.

Untuk mencari luas kubus gunakan rumus S x S = S².
Jadi: 4 x 4 = 16. Ukuran luas dari kubus ini adalah 16

Untuk mencari keliling kubus ini gunakan rumus 12 x S
Jadi: 12 x 4 = 48. Ukuran keliling pada kubus ini adalah 48.

Di update berikutnya, kuismatematika.info akan tuliskan penjelasan rumus balok dan contoh soalnya.

Unknown

About Unknown

Blog tempat berbagai rumus Matematika dasar SD, SMP dan SMA. Kuismatematika.info juga menulis banyak artikel trik matematika cepat.

Subscribe to this Blog via Email :