Selasa, 29 November 2016

Unknown

Macam-macam Bentuk Geometri dalam Kehidupan Sehari-hari

Geometri adalah sebutan bagi subjek yang luas digunakan cukup sering dalam kehidupan kita sehari-hari. Ini adalah salahsatu cabang matematika yang berhubungan dengan bentuk dan permasalahan yang terkait dengan berbagai bentuk. Kita dapat mendefinisikan bentuk seperti garis atau batas eksternal dari beberapa objek atau permukaan. Bentuk yang dapat memenuhi kondisi geometris tertentu dikenal sebagai bentuk geometris.

Jika beberapa objek memenuhi persyaratan bentuk geometris yang tepat atau mendekati bentuk geometris, maka objek dikatakan memiliki bentuk tertentu. Misalnya, bentuk buku adalah persegi panjang, tutup lubang berbentuk lingkaran, topi ulang tahun memiliki bentuk seperti kerucut.

Definisi bentuk Geometris

Sebuah bentuk geometris didefinisikan sebagai informasi geometris yang masih tetap ada bahkan dalam skala, orientasi, lokasi dan refleksi dari objek geometris tertentu. Kita dapat mengatakan bahwa jika kita memindahkan bentuk, memperbesar, mencerminkan atau memutar itu.

Bentuk-bentuk geometris (umumnya terlihat dalam kehidupan sehari-hari) dari dua jenis, yaitu dua dimensi dan tiga dimensi. Umumnya bentuk geometris dua dimensi yang diwakili oleh garis yang menghubungkan himpunan antar titik yang disebut simpul. Ini dikenal sebagai poligon, termasuk segitiga, segiempat dll. Beberapa bentuk dua dimensi yang dibentuk oleh kurva, misalnya lingkaran dan elips.

Sebagian besar bentuk geometris tiga dimensi diwakili oleh garis yang menghubungkan satu set poin serta dua permukaan dimensi yang berisi garis-garis. Misalnya kubus, limas, dll. Beberapa bentuk tiga dimensi yang dibentuk oleh permukaan melengkung, seperti bola dan tabung.

Ada bentuk yang memiliki lebih dari dua atau tiga dimensi, yang disebut bentuk multi-dimensi.

Geometri Bentuk pola

Pola dikatakan memiliki desain keteraturan diskriminan tertentu. Pola geometris alami misalnya gelombang, retak, spiral, busa, dll. Sebenarnya, ada struktur matematis yang mendasari dari masing-masing pola geometris.

Macam-macam Geometri dua dimensi (bangun datar)

1. Line (garis lurus)
2. Curve (Kurva)
3. Circle (Lingkaran)
4. Arc (setengah lingkaran)
5. Triangle (segi tiga)
6. Quadrilateral
7. Square (persegi)
8. Rectangle (persegi panjang)
9. Rhombus
10. Parallelogram (jajaran genjang)
11. Trapesium
12. Polygon (segi lima)

Sementara itu masih ada bentuk bangun datar lain macam segi enam, segi tujuh dan segi delapan.

Macam-macam geometri tiga dimensi (bangun ruang)

1. Cube (kubus)
2. Cuboid (balok)
3. Cylinder (tabung)
4. Cone (kerucut)
5. Sphere (bola)
6. Pyramid (limas segi empat)
7. Prism (prisma)

Kurva
Kurva

Line (garis)

Lingkaran

Persegi panjang

Persegi (bujur sangkar)

Rhombus

Segi empat sembarang

Segi lima

Segi tiga

Busur

Trapesium
Balok

Kerucut

Kubus

Limas segi empat

Prisma segi tiga

Tabung


Untuk penjelasan rumus hitung dari masing-masing bentuk bangun datar dan bangun ruang diatas, akan kami ulas di artikel-artikel selanjutnya.

Unknown

About Unknown

Blog tempat berbagai rumus Matematika dasar SD, SMP dan SMA. Kuismatematika.info juga menulis banyak artikel trik matematika cepat.

Subscribe to this Blog via Email :