Selasa, 13 Desember 2016

Unknown

Penjelasan Rumus Bola Lengkap dan Contoh Soalnya

Ini dia rumus bola dan contoh soal - Bola merupakan bagian dari salah satu bangun ruang dengan bentuk tiga dimensi. Bola dibentuk oleh jumlah lingkaran yang tak terhingga dengan jari-jari yang berpusat di satu titik. Jari-jari pada bagian ini memiliki ukuran yang sama panjang. Bola hanya memiliki satu sisi karena berbentuk tiga dimensi. Bola juga disebut sebagai ruang bidang yang memiliki sisi lengkung dan dibatasi oleh sisi lengkung lainnya. Meskipun hanya terdiri dari satu sisi, namun bola juga memiliki jari-jari yang dihitung dari titik pusat bola. Jari-jari ini juga akan memudahkan perhitungan volume dan luas permukaan.

Penjelasan Rumus Bola Lengkap dan Contoh Soalnya
clipartkid.com


Sebagai salah satu bagian dari bangun ruang, bola juga memiliki beberapa ciri yang harus diketahui. Ciri-ciri dari bola ini terdiri dari:

1. Bola hanya memiliki satu sisi pada seluruh bagian dengan gabungan dari setengah lingkaran yang membentuk sudut 360 derajat.
2. Sisi pada bagian ruang bidang ini juga sering disebut dengan dinding bola.
3. Jari-jari yang dimiliki bola ini merupakan jarak titik pusat bola ke bagian dinding.
4. Berbeda dengan lainnya, sebagai bagian dari bangun matematika bola tidak memiliki jumlah sudut dan rusuk.

Untuk mendapatkan rincian penjelasan yang lebih baik, anda bisa melihat langsung gambar bola lengkap dengan keterangan penempatan titik dari jari-jari. Bola juga memiliki beberapa rumus untuk menghitung volume dan luas permukaan dari bola. Masing-masing dari rumus ini akan berkaitan dengan jari-jari bola.

Baca juga penjelasan rumus Kubus dan Balok

Rumus Volume, Luas dan Keliling Bola

Beberapa rumus yang dimiliki Bola terdiri dari volume dan luas permukaan. Tentu saja perhitungan dari rumus ini akan berbeda dan disesuaikan dengan ukuran jari-jari. Rumus yang dimiliki bola ini terdiri dari:

1. Rumus volume Bola
Untuk menghitung volume bola akan melibatkan jari-jari dan perhitungan π. Pada rumus ini, π = 3,14 atau 22/7. Sehingga anda akan mendapatkan rumus volume bola yaitu V = 4/3 x π x r³.
Keterangan:
V : Volume
π : 3,14 atau 22/7
r : jari-jari bola

2. Rumus luas permukaan bola
Untuk menghitung luas permukaan bola akan disesuaikan dengan π dan jari-jari bola. Sehingga perhitungan untuk luas permukaan bola adalah L = 4 x π x r².
Keterangan:
L : Luas permukaan bola
π : 3,14 atau 22/7
r : jari-jari bola

Bentuk tiga dimensi yang dimiliki bola akan mempengaruhi rumus seperti pada bidang ruang lainnya. Pada bola tidak memiliki rumus keliling bola karena memiliki jumlah lingkaran yang tidak terhingga. Selain itu, pusat titik dari bola ini adalah juga mempengaruhi jumlah jari-jari.

Contoh Soal Rumus Bola

Untuk menerapkan rumus bola itu, sebaiknya perhatikan salah satu contoh soal ini.
“Terdapat sebuah ruang bidang Bola yang memiliki jari-jari 10 cm. Hitunglah jumlah volume bola dengan menggunakan rumus yang telah ditetapkan.”

Jawaban:
Untuk mendapatkan perhitungan jumlah volume pada bola ini, sebaiknya gunakan V = 4/3 x π x r³. Ukuran jari-jari juga sudah didapatkan yaitu 10 centimeter. Sehingga seluruh keterangan itu akan disesuaikan dengan rumus, menjadi:
V = 4/3 x 3,14 x 103
V = 4/3 x 3,14 x 1000
V = 4/3 x 3140
V = 4186,66

Jadi volume bola itu adalah 4186,66 cm3. Hal penting yang harus diingat adalah perhitungan volume bangun ruang akan menerapkan dua angka di belakang koma.

Unknown

About Unknown

Blog tempat berbagai rumus Matematika dasar SD, SMP dan SMA. Kuismatematika.info juga menulis banyak artikel trik matematika cepat.

Subscribe to this Blog via Email :